Senin, 08 Juli 2013

Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Cerdas bukanlah keturunan. Cerdas dapat diciptakan atau diupayakan, itu yang perlu anda ingat. Untuk memiliki anak yang cerdas, orang tua harus menyiapkannya sedini mungkin. Terutama sejak dalam kandungan. Berikut tips bayi cerdas sejak dalam kandungan:
1.      Pola makan sehat.
Mengkonsumsi nutrisi lengkap dan bergizi adalah salah satu cara untuk mencerdaskan bayi anda. Asupan gizi yang cukup, selain menjaga kesehatan ibu, juga berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi anda secara sempurna.
2.      Sentuhan Lembut.
Sering-seringlah memberikan sentuhan lembut pada anak. Caranya dengan mengusap perut anda dengan lembut. Ajak juga suami anda untuk melakukan hal yang sama. Dengan sentuhan lembut, bayi akan merasakan perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Jika dewasa kelak, anak akan lebih penurut dan dekat dengan keluarga.
3.      Menyanyikan.
Sembari membelai lembut perut anda, tak ada salahnya anda juga menyanyikan bayi anda lagu-lagu riang. Selain bertujuan untuk membuat bayi anda terhibur bahagia, dengan bernyanyi juga menghindarkan ibu hamil dari stres.
4.      Bercerita.
Biasakanlah bercerita dengan anak meskipun masih berada dalam kandungan. Hal ini bermanfaat untuk mengenalkan kosa kata baru pada bayi anda meskipun dia belum tahu artinya. Bermanfaat juga untuk membangun kedekatan antara ibu dan anak.
5.      Musik klasik.
Putarlah musik klasik untuk bayi anda. Dengan mendengar musik klasik akan dapat merangsang pertumbuhan otak dan meningkatkan kecerdasan bayi sejak dini. Musik klasik cenderung membuat bayi lebih tenang dan nyaman, dengan demikian konsentrasi lebih mudah terbentuk.
6.      Berdoa.
Jika anda membelai perut untuk memberikan sentuhan lembut untuk bayi anda, tak ada salahnya anda juga menguntaikan doa dan harapan-harapan untuknya. Untaikan doa dengan lembut dan sedikt berbisik, hal ini mampu membantu menstimulasi kecerdasan bayi. Terutama kecerdasan spiritual.
7.      Hindari Stres
Sebisa mungkin ibu hamil menghindari stress. Selain mengganggu kesehatan ibu, stress juga mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam perut. Untuk menghindari stress, lakukan kegiatan yang menyenangkan dan hindari terlalu banyak pikiran.
8.      Hindari Merokok.
Jika anda ingin mendapatkan bayi cerdas dan sehat, hindari merokok. Penelitian menunjukan, ibu yang merokok selama hamil biasanya akan melahirkan bayi yang lebih kecil. Bayi yang lahir dengan berat badan rendah di bawah 2500 gram sangat beresiko untuk mendapatkan berbagai masalah kesehatan. Termasuk masalah kesulitan dalam  belajar.
9.      Hindari minum alkohol.
Selain membahayakan bagi kesehatan ibu, alkohol juga sangat berbahaya untuk perkembangan otak bayi yang sedang berkembang. Ibu yang mengkonsumsi alkohol dapat melahirkan bayi dengan gangguan fetal alcohol syndrome. Yakni suatu kumpulan gejala yang terdiri dari berat badan lahir rendah, gangguan intelektual, hiperaktif, gangguan memori, dan gangguan kesehatan lainnya.
10.  Hindari Obat-obatan.
Obat-obatan seperti kokain atau zat psikoaktif dapat mempengaruhi perkembangan beberapa jenis reseptor sel saraf. Salah satunya adalah sel saraf yang membantu menghantarkan sinyal yang masuk lewat kulit, mata, dan telinga (sel sensorik). Jangan pula  mengkonsumsi jamu-jamuan yang belum anda ketahui secara benar manfaatnya, kecuali dengan resep dokter. Karena ditakutkan akan memperlambat perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam rahim.
Semoga bermanfaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar